PERNYATAAN STANDAR AKUNTANSI KEUANGAN 2

LAPORAN ARUS KAS

Part.2 – Lanjutan

PELAPORAN ARUS KAS DARI AKTIVITAS OPERASI

Entitas melaporkan arus kas dari aktivitas operasi dengan menggunakan salah satu dari metode ini:

  • Metode langsung, dengan metode ini kelompok utama dari penerimaan kas bruto dan pembayaran kas bruto diungkapkan. Dianjurkan entitas dilaporkan melalui metode ini.
  • Metode tidak langsung, dengan metode ini laba atau rug disesuaikan dengan mengoreksi pengaruh transaksi yang bersifat nonkas, penangguhan, atau akrual dari penerimaan atau pembayaran kas untuk operasi di masa lalu atau masa depan, dan pos penghasilan atau beban yang berhubungan dengan arus kas investasi atau pendanaan.

 

PELAPORAN ARUS KAS DARI AKTIVITAS INVESTASI DAN PENDANAAN

Entitas melaporkan secara terpisah kelompok utama penerimaan kas bruto dan pembayaran kas bruto yang timbul dari aktivitas investasi dan pendanaan. Kecuali arus kas yang didiskripsikan atas dasar arus kas neto.

 

PELAPORAN ARUS KAS ATAS DASAR ARUS KAS NETO

Arus kas yang timbul dari aktivitas operasi, investasi, dan pendanaan sebagai berikut:

  • Penerimaan dan pembayaran kas untuk kepentingan pelanggan jika arus kas tersebut lebih mencerminkan aktivitas pelanggan daripada aktivitas entitas.

Contoh: (a.1) penerimaan dan pelunasan rekening giro bank.

(a.2) dana pelanggan yang dikelola oleh entitas investasi

(a.3) rental yang ditagih oleh pengelola untuk kepentingan dari dan selanjutnya disetor kepada , pemilik property.

  • Penerimaan dan pembayaran kas untuk pos-pos dengan perputaran cepat, jumlah yang besar dan jangka waktu singkat.

Contoh: (b.1) jumlah pokok yang berhubungan dengan kartu kredit nasabah

(b.2) pembelian dan penjualan investasi

(b.3) pinjaman jangka pendek lain, sebagai contoh pinjaman jangka pendek yang memiliki periode jatuh tempo dalam tiga bulan atau kurang.

Arus kas yang timbul dari aktivitas lembaga keuangan berikut ini dapat dilaporkan atas dasar arus kas neto:

  • Penerimaan dan pembayaran kas sehubungan dengan penerimaan dan pelunasan deposito berjangka dengan jatuh tempo yang tetap
  • Penempatan dan penarikan deposito pada dan dari lembaga keuangan lain
  • Pemberian dan pelunasan uang muka dan pinjaman yang diberikan kepada nasabah.

 

ARUS KAS DALAM VALUTA ASING

Arus kas yang timbul dari transaksi valuta asing dicatat dalam mata uang fungsional entitas dengan mengalikan jumlah valuta asing tersebut dengan kurs antara mata uang fungsional dengan valuta asing pada tanggal transaksi arus kas.

Arus kas entitas anak di luar negeri dijabarkan berdasarkan kurs antara mata uang fungsional dengan valuta asing pada tanggal transaksi arus kas.

 

BUNGA DAN DIVIDEN

Arus kas dari bunga dan dividen yang diterima dan dibayarkan, masing – masing diungkapkan secara terpisah. Masing-masing diklasifikasikan secara konsisten antar periode sebagai aktivitas operasi, investasi, atau pendanaan.

 

PAJAK PENGHASILAN

Arus kas yang timbul dari pajak penghasilan diungkapkan secara terpisah dan diklasifikasikan sebagai arus kas dari aktivitas pendanaan dan investasi.

 

INVESTASI PADA ENTITAS ANAK, ENTITAS ASOSIASI, DAN VENTURA BERSAMA

  • Jika akuntansi untuk investasi pada entitas asosiasi, ventura bersama atau entitas anak dicatat dengan menggunakan metode ekuitas atau metode biaya
  • Entitas yang melaporkan bagian kepentingan dalam entitas asosiasi atau ventura bersama dengan menggunakan metode ekuitas memasukkan dalam laporan arus kas.

 

 

PERUBAHAN KEPEMILIKAN DALAM ENTITAS ANAK DAN BISNIS LAIN

Gabungan arus kas yang timbul dari perolehan dan kehilangan pengendalian atas entitas anak atau bisnis lain disajikan secara terpisah dan diklasifikasikan sebagai aktivitas investasi.

Entitas mengungkapkan hal-hal berikut, dalm gabungan, sehubungan dengan perolehan dan kehilangan pengendalian atas entitas anak dan bisnis lain selama suatu periode:

  • Jumlah imbalan yang dibayarkan atau diterima;
  • Bagian dari imbalan yang terdiri dari kas dan setara kas;
  • Jumlah kas dan setara kas dalam entitas anak atau bisnis lain dimana pengendalian diperoleh atau hilang; dan
  • Jumlah asset dan liabilitas selain kas atau setara kas dalam entitas anak atau bisnis lain dimana pengendalian diperoleh atau hilang, diikhtisarkan berdasarkan kategori utamanya.

 

TRANSAKSI NONKAS

Transaksi investasi dan pendanaan yang tidak mensyaratkan penggunaan kas atau setara kas dikeluarkan dari laporan arus kas. Transaksi tersebut diungkapkan pada bagian lain dalam laporan keuangan sedemikian rupa sehingga dapat menyediakan seluruh informasi yang relevan mengenai aktivitas investasi dan pendanaan tersebut.

 

KOMPONEN KAS DAN SETARA KAS

Entitas mengungkapkan komponen kas dan setara kas serta menyajikan rekonsiliasi jumlah tersebut dalam laporan arus kas dengan pos yang sama yang dilaporkan dalam laporan posisi keuangan.

PENGUNGKAPAN LAIN

Entitas mengungkapkan jumlah saldo kas dan setara kas yang signifikan yang tidak dapat digunakan oleh kelompok usaha, beserta pendapat manajemen.

 

Sumber : Standar Akuntansi Keuangan Per Efektif 1 Januari 2015 – Ikatan Akuntansi Indonesia (IAI)

 

Leave a Reply