SEGMEN OPERASI

Prinsip utama

Entitas mengungkapkan informasi yang memungkinkan pengguna laporan keuangan untuk mengevaluasi sifat dan dampak keuangan dari aktivitas bisnis yang mana entitas terlibat dan lingkungan ekonomik dimana entitas beroprasi.

Ruang lingkup

PSAK ini di tetapkan atas laporan keuangan entitas dan laporan keuangan konsolidasian kelompok usaha dengan entitas induk

Jika suatu entitas yang tidak disyaratkan untuk menerapkan pernyataan ini memilih untuk mengungkapkan informasi tentang segmen yang tidak memenuhi pernyataan ini, maka entitas tersebut tidak mendeskripsikan informasi tersebut sebagai informasi segmen.

Jika laporan keuangan terdiri atas laporan keuangan konsolidasian atau laporan keuangan tersendiri sebagai lampiran dari laporan keuangan konsolidasian dari enitas induk dalam ruang lingkup PSAK ini, maka informasi segmen hanya disyaratkan pada laporan keuangan konsolidasian.

Segmen operasi

Segmen operasi adalah suatu komponen dari entitas. Segmen operasi dapat terlibat dalam aktivitas bisnis yang belum menghasilkan pendapatan

Tidak setiap bagian dari entitas perlu menjadi suatu segmen operasi atau bagian dari segmen operasi

Istilah “pengambilan keputusan operasional” mengidentifikasikan suatu fungsi, tidak perlu seorang manajer dengan jabatan spesifik. Fungsi tersebut adalah mengalokasikan sumber daya dan menilai kinerja segmen operasi entitas

Secara umum, segmen operasi memiliki seorang manajer segmen yang bertanggungjawab secara langsung pada dan memelihara hubungan secara regular dengan pengambilan keputusan operasional untuk mendiskusikan aktivitas operasi, hasil keuangan, prakiraan, atau rencana atas segmen tersebut.

Pengungkapan

Entitas mengungkapkan informasi untuk memungkinkan pengguna laporan keuangan mengevaluasi sifat dan dampak keuangan atas aktivitas bisnis yang mana entitas terlibat dan lingkungan ekonomik dimana entitas beroprerasi.

Informasi tentang laba rugi, asset, liabilitas

Entitas melaporkan suatu ukuran atas laba rugi untuk setiap segmen dilaporkan. Entitas melaporkan suatu ukuran dari total asset dan liabilitas untuk setiap segmen dilaporkan jika jumlah tersebut secara regular disediakan kepada pengambil keputusan operasional.

Entitas melaporkan pendapatan bunga secara terpisah dari beban bunga dan pengambilan keputusan operasional menggunakan pendapatan neto sebagai dasar utama dalam menilai kinerja dan membuat keputusan tentang sumber daya untuk dialokasikan kepada segmen tersebut.

Penarikan

Pernyataan ini mengantikan PSAK 5 (2000): pelaporan segmen

 

Sumber: Standar Akuntansi Keuangan Per Efektif 1 Januari 2015 – Ikatan Akuntansi Indonesia

Leave a Reply