Beasiswa Unggulan Kemendikbud 2020

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia adalah kementerian dalam Pemerintah Indonesia yang menyelenggarakan urusan di bidang pendidikan anak usia dini, pendidikan dasar, pendidikan menengah, dan pendidikan masyarakat, serta pengelolaan kebudayaan. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) membuka beasiswa unggulan Tahun 2020.


Beasiswa Unggulan Kemdikbud ini dibuka untuk jenjang Sarjana, Magister dan Doktoral. Beasiswa ini dapat diikuti oleh calon mahasiswa yang sudah memiliki surat diterima di perguruan tinggi maupun mahasiswa yang sudah melangsungkan perkuliahan maksimal semester 2 pada saat mendaftar.

Program BU tahun 2020 mengalami beberapa penyesuaian ditengah pandemi COVID-19. Peserta yang diperkenankan mendaftar BU tahun ini hanya mahasiswa yang berasal dari dalam negeri.
Untuk seleksi tahap kedua, prosesnya akan lebih memperhatikan unsur kesehatan dan keselamatan. Jika wawancara pada tahun sebelumnya dilaksanakan secara tatap muka, tahun ini apabila perkembangan COVID-19 masih mengkhawatirkan maka teknis seleksi akan menggunakan aplikasi virtual.

Terkait ketentuan pendanaan, terdapat perubahan kebijakan yang perlu dicermati. Pertama, beasiswa akan dikurangi/dipotong sebesar 5% dari keseluruhan biaya yang diberikan apabila mahasiswa memperoleh indeks prestasi kurang dari 3,00 untuk jenjang S1, dan 3,25 untuk jenjang S2/S3. Kedua, penerima BU yang memperoleh indeks prestasi kurang dari 3,00 pada program S1 atau kurang dari 3,25 pada program S2/S3 secara berturut-turut selama 2 (dua) semester dapat dikenai sanksi pembatalan sebagai penerima beasiswa. Penerima BU juga dapat dikenai sanksi pengembalian dana beasiswa yang diterima ke kas negara apabila menerima beasiswa dari sumber lain dengan komponen beasiswa yang sama; pindah Perguruan Tinggi dan/atau program studi; berhenti dalam pendidikan; dan/atau mengundurkan diri sebagai penerima BU.

Syarat Beasiswa Unggulan Kemdikbud 2020

Persyaratan Umum:

Diutamakan memiliki sertifikat yang membuktikan prestasi tingkat internasional dan/atau nasional;

Mendapatkan rekomendasi dari institusi terkait;

Tidak sedang menerima beasiswa sejenis dari sumber lain; dan

Diterima pada perguruan tinggi terakreditasi.

Persyaratan Khusus Program Sarjana: 

Memiliki usia paling tinggi 22 tahun;

Mengisi nilai Ujian Nasional (UN) dan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) bagi siswa lulusan dalam negeri;

Bagi mahasiswa pada jenjang pendidikan S1 yang sedang menempuh perkuliahan memiliki nilai IPK minimal 3.25 pada skala 4.00; dan

Karya tulis berupa essay/karangan menggunakan Bahasa Indonesia, dengan ketentuan: (a). Judul/tema: “Aku Generasi Unggul Kebanggaan Bangsa Indonesia”; dan (b). Essay/karangan ditulis sebanyak 3-5 halaman pada kertas ukuran A4 dengan format huruf Times New Roman ukuran huruf 12 dengan spasi 1.5 lines.

Syarat Khusus Program Magister:

Berusia paling tinggi 32 tahun;

Surat keterangan lulus/Letter of Acceptance (LoA) Unconditional bagi mahasiswa yang baru diterima pada perguruan tinggi dengan akreditasi institusi minimal B atau surat keterangan aktif kuliah dari dekan atau direktur pasca bagi mahasiswa on-going pada perguruan tinggi dengan akreditasi institusi minimal B;

Memiliki nilai IPK S1 minimal 3.25 pada skala 4.00 baik mahasiswa baru maupun on-going;

diutamakan bagi mahasiswa yang memiliki kemampuan Bahasa Inggris dengan skor minimal TOEFL ITP 500/IBT 61 atau IELTS 5,5; dan

Membuat proposal rencana studi yang berisi alasan mengambil program studi yang dipilih dan rencana penelitian tugas akhir (tesis).

Syarat Khusus Program Doktoral:

Berusia paling tinggi 40 tahun;

Surat keterangan lulus/Letter of Acceptance (LoA) Unconditional bagi mahasiswa yang baru diterima pada perguruan tinggi dengan akreditasi institusi minimal B atau surat keterangan aktif kuliah dari dekan atau direktur pasca bagi mahasiswa on-going pada perguruan tinggi dengan akreditasi institusi minimal B;

memiliki nilai IPK S2 minimal 3.40 pada skala 4.00 baik mahasiswa baru maupun on-going;

diutamakan bagi mahasiswa yang memiliki kemampuan Bahasa Inggris dengan skor minimal TOEFL ITP 500/IBT 61 atau IELTS 5,5; dan

membuat proposal rencana studi yang berisi alasan mengambil program studi yang dipilih dan rencana penelitian tugas akhir (disertasi).

Syarat Kelengkapan Berkas Beasiswa Unggulan Kemdikbud

Kartu Tanda Penduduk (KTP);

Kartu Tanda Mahasiswa (khusus On-Going);

LoA Unconditional (Untuk On-Going ganti dengan surat tanda aktif kuliah);

Kartu Hasil Studi (KHS) terakhir (Khusus On-Going);

ljazah dan transkrip nilai terakhir;

Sertifikat TOEFL/IELTS (TOEFL/IELTS untuk S1 tidak diwajibkan);

Proposal rencana studi (rencana perkuliahan dan sks per-semester yang akan ditempuh hingga selesai studi, topik apa yang akan ditulis dalam skripsi/tesis/disertasi, deskripsikan aktivitas di luar perkuliahan yang akan dilakukan selama studi dan bagaimana implementasi hasil studi di masyarakat);

Surat rekomendasi dari civitas akademik atau institusi terkait (download format di sini);

Surat pernyataan tidak sedang menerima beasiswa sejenis dari sumber lain (download format di sini);

Sertifikat prestasi minimal tingkat kabupaten;

Essay menggunakan Bahasa Indonesia dengan judul: “Aku Generasi Unggul Kebanggaan Bangsa Indonesia” ditulis sebanyak 3-5 halaman pada kertas A4 dengan format huruf Times New Roman ukuran huruf 12 dengan spasi 1.5 lines.


Cara Daftar Beasiswa Unggulan Kemdikbud 2020 :

Akses https://buonline.beasiswaunggulan.kemdikbud.go.id/

Pilih Registrasi (bagi yang belum memiliki akun)

Masukan Nomor KTP, Email dan Password dan pilih Registrasi

Buka email untuk aktivasi akun yang didaftarkan saat registrasi (Jika link aktivasi tidak ada lebih dari 30 emnit, klik tombol Bantuan untuk menggantikan email)

Login menggunakan akun yang telah didaftarkan dan diaktivasi

Lengkapi form pendaftaran, isi sesuai dengan data yang valid. Apabila telah memasukkan data yang sesuai, mala akan mendapatkan nomor registrasi.

Pengumuman hasil seleksi akan diumumkan via email. (Peserta yang tidak lulus bisa mengikuti Beasiswa Unggulan berikutnya)

Deadline : 3 Oktober 2020


Informasi lebih lanjut, mahasiswa dapat mengakses ke laman: beasiswaunggulan.kemdikbud.go.id. Jika ada pertanyaan silakan disampaikan melalui email: beasiswa.unggulan@kemdikbud.go.id atau hotline: 0821 6755 6665

Leave a Reply