Accountig Pedia

Biaya vs Beban

Biaya dan Beban

Biaya diartikan sebagai sumber ekonomi yang harus dikeluarkan demi kelangsungan bisnis yang sedang dijalankan. Sedangkan beban diartikan sebagai penurunan nilai ekonomi yang berupa pengeluaran uang atau penyusutan nilai aktiva. Berikut adalah beberapa perbedaan biaya dan beban dalam akuntansi.

Perbedaan Biaya dan Beban , yaitu :

a. Letak dalam Laporan Keuangan

Perbedaan pertama biaya dan beban terletak pada penyusunan laporan keuangannya. Di mana, biaya digunakan dalam penyusunan neraca,  biasanya berupa biaya yang belum terpakai dan dianggap mampu memberi manfaat sehingga dianggap aktiva. Sedangkan, dalam laporan keuangan beban akan masuk ke dalam laporan laba-rugi sebagai pengeluaran yang telah terpakai dan tidak memberi manfaat di masa depan.

b. Periode Akuntansi

Perbedaan kedua dapat dilihat dari periode akuntansinya. Di mana, biaya memiliki periode akuntansi lebih dari satu tahun karena dianggap sebagai pengeluaran modal. Sedangkan beban memiliki periode akuntansi kurang dari satu tahun karena diambil dari pengeluaran pendapatan.

c. Jumlah yang Dikeluarkan

Karena diambil dari pengeluaran modal, akun biaya memiliki jumlah pengeluaran yang lebih besar. Sedangkan, akun beban yang diambil dari pengeluaran pendapatan memiliki jumlah pengeluaran yang relatif lebih kecil.

d. Manfaat yang Diperoleh

Manfaat yang diperoleh antara biaya dan beban juga berbeda. Untuk klarifikasi biaya mengenai manfaat yang didapatkan adalah pendapatan, sedangkan untuk klarifikasi beban mengenai manfaat yang didapatkan adalah penggunaan sumber daya.

Biaya

Contoh transaksi biaya.

Perusahaan membeli motor sebagai kendaraan untuk kurir. Hal ini mendatangkan manfaat ekonomis yaitu untuk mempercepat dan mempermudah dalam pengiriman barang.

Menurut PSAK No. 16 Revisi 2007

Biaya perolehan (cost) adalah jumlah kas atau setara kas yang dibayarkan atau nilai wajar dari imbalan lain yang diserahkan untuk memperoleh suatu aset pada saat perolehan atau kontruksi atau, jika dapat diterapkan, jumlah yang diatribusikan ke aset pada saat pertama kali diakui sesuai dengan persyaratan tertentu dalam PSAK lain.

Beban

Menurut Standar Akutansi Keuangan (1999 : 12)

Beban (expence) adalah penurunan manfaat ekonomi selama satu periode akuntasi dalam bentuk arus kas keluar atau berkurangnya aktiva atau terjadinya kewajiban mengakibatkan penurunan ekiutas yang tidak menyangkut pembagian kepada penanaman modal.

Dapat diambil kesimpulan dalam istilah akuntansi bahwa Biaya perolehan (cost) adalah jumlah kas atau setara kas yang dikeluarkan dengan tujuan untuk mendapatkan suatu aset lain. Sedangkan Beban (expense) adalah jumlah kas atau setara kas yang telah dikeluarkan dengan tujuan untuk memperoleh laporan laba rugi

Leave a Reply