Inspiratif (Scholarship Info)

BEASISWA INSPIRATIF 2022

1. Tujuan

Beasiswa Inspiratif hadir sebagai wujud dari hasil kolaborasi antara Yayasan Duta Inspirasi Indonesia dan Yayasan Beasiswa 10.000 yang didukung penuh oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia. Tak hanya sekadar ingin memberikan inspirasi untuk generasi muda, Beasiswa Inspiratif adalah salah satu jalan yang diambil penyelenggara untuk mensukseskan Sustainable Development Goals (SDG’s) point ke 4, yaitu quality education.

Melalui program Beasiswa Inspiratif, para donatur berharap pelajar dan mahasiswa Indonesia bisa lebih termotivasi untuk belajar dan sekolah setinggi mungkin, sehingga nantinya akan muncul banyak SDM unggul dan berkualitas untuk siap bersaing di Indonesia Emas 2045.

2. Benefit Beasiswa Inspiratif

Meskipun 2022 menjadi tahun pertama beasiswa ini berkontribusi bagi pendidikan Indonesia, tapi jika teman-teman menjadi salah satu scholarship holder-nya, maka akan mendapatkan banyak benefit yang cukup menarik, yaitu:

  1. Tunjangan dana pendidikan hingga lulus yang akan dibayarkan setiap 1 semester sekali.
  2. Networking bersama pemuda-pemudi di seluruh Indonesia (3x virtual coaching bersama @dutainspirasi.indonesia).
  3. E-certificate “Penerima Beasiswa Inspiratif Tingkat Nasional” dengan tanda tangan Kementerian Pemuda dan Olahraga RI.
  4. Mendapatkan e-book “Self Empowerment” untuk menunjang pendidikan dan karier.

3. Siapa yang Bisa Mendaftar?

Tak hanya berfokus pada salah satu jenjang, Yayasan Duta Inspirasi Indonesia membuka program beasiswa ini untuk jenjang mulai dari SMP/MTs Sederajat, SMA/SMK/MA Sederajat, Gap Year, mahasiswa Diploma (D1, D2, D3, D4), S1, hingga S2 yang berasal dari perguruan tinggi negeri atau swasta.

Kerennya lagi, beasiswa ini tidak membatasi background atau jurusan setiap mahasiswa, a.k.a terbuka untuk jurusan apa pun tanpa terkecuali. Selain itu, beberapa kategori lain yang membuat beasiswa ini cukup istimewa adalah:

  • Calon pendaftar tidak perlu menyertakan minimal nilai IPK (mahasiswa) dan rapor (pelajar sekolah).
  • Siswa/mahasiswa yang sudah menerima beasiswa pemerintah ataupun swasta diperbolehkan untuk mendaftar.

Jadi, dapat kita simpulkan bahwa beasiswa yang satu ini memberikan peluang bagi banyak generasi muda Indonesia untuk mendapat kesempatan belajar yang sama.

4. Syarat Pendaftaran Beasiswa Inspiratif

Jika teman-teman masuk ke salah satu kategori di poin nomor tiga, maka sebelum melakukan pendaftaran, pastikan untuk memenuhi seluruh persyaratan di bawah ini terlebih dahulu ya!

  1. Memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik.
  2. Jika aktif di sosial media, maka akan menjadi nilai tambah.
  3. Memiliki wawasan yang luas tentang banyak hal, terutama pengetahuan umum tentang Indonesia serta provinsi dan daerah asal. 
  4. Memiliki keterampilan atau passion yang kuat di bidang masing-masing. 
  5. Sehat secara jasmani dan rohani. 
  6. Pendaftar harus memiliki komitmen yang tinggi, bertanggung jawab dan mau berkontribusi selama periode penerima Beasiswa Inspiratif. 
  7. Merupakan pribadi yang menginspirasi atau memiliki tekat yang kuat untuk menjadi pribadi yang menginspirasi di masa yang akan datang.

5. Cara Daftar Beasiswa Inspiratif & Ketentuannya

Kabar baiknya, seluruh proses dan rangkain seleksi Beasiswa Inspiratif tahun 2022 akan berlangsung secara online. Berikut tahapan yang harus teman-teman lakukan:

  1. Siswa dan mahasiswa melakukan pendaftaran pada link https://bit.ly/BeasiswaInspiratif2022 (Tanpa biaya pendaftaran alias free.)
  2. Pendaftar wajib follow akun Instagram @DutaInspirasi.Indonesia, @Inspiratour.indonesia, dan @beasiswa10000. 
  3. Instagram tidak boleh dalam keadaan private dan harus first account
  4. Upload twibbon dengan caption semenarik mungkin, kemudian tag akun @dutainspirasi.indonesia, @Inspiratour.indonesia, dan @beasiswa10000 serta 7 teman. Twibbon dapat didownload di https://linktr.ee/DutaInspirasi.indonesia atau bit.ly/BerkasBeasiswaInspiratif2022 (tidak boleh diarsip hingga pengumuman berakhir.) 
  5. Share poster ke 5 group WhatsApp, Line/Telegram, dan Instagram feeds. Download poster melalui bit.ly/BerkasBeasiswaInspiratif2022
  6. Mengomentari “Aku sudah daftar, yuk kalian ikutan juga”, lalu mention 7 teman di kolom komentar pada poster utama Beasiswa Inspiratif di akun @Beasiswa10000 dan @Dutainspirasi.indonesia. 
  7. Keaktifan dalam share info kegiatan yang diadakan oleh Duta Inspirasi Indonesia di instagram, positive comments and likes (real account) akan menjadi poin tambah bagi tim penyeleksi guna melihat keseriusan dan niat peserta. 

Jadi, para pendaftar dituntut agar selalu aktif dan up to date terhadap perkembangan informasi yang diberikan oleh pihak penyelenggara.

6. Timeline Pendaftaran Beasiswa Inspiratif 2022 

  • Pendaftaran Beasiswa Inspiratif (seleksi tahap 1; pendaftaran melalui google form): 11 Maret s.d. 10 Juli 2022.
  • Pengumuman tahap 1: 30 Juli 2022.
  • Seleksi tahap 2 (online Interview): 1 – 03 Agustus 2022.
  • Pengumuman peserta terpilih: 7 Agustus 2022 melalui feed dan instastory akun Instagram @DutaInspirasi.Indonesia.

Opening ceremony penerima Beasiswa Inspiratif 2022: 8 Agustus 2022.

Leave a Reply