Apasih Introvert itu?

Menurut Carl Gustav Jung, orang-orang introvert adalah mereka yang terampil dalam melakukan perjalanan ke “dunia dalam”, yaitu diri mereka sendiri. Mereka selalu mencoba memahami diri mereka sendiri dengan melakukan banyak perenungan dan berkontemplasi. Pada akhirnya, mereka menjadi orang yang memahami dirinya, berpendirian keras, tidak mudah terpengaruh oleh orang lain, dan mengetahui apa yang menjadi tujuan dalam hidupnya.

Seorang ahli psikologi berpendapat bahwa pribadi introvert adalah sifat bawaan dasar dari seorang yang tertutup lebih senang menstimulasi atau berdialog dengan dirinya sendiri. Seorang introvert dapat dilihat dari kebiasaan dia sejak kecil, bila anak yang lain lebih aktif, senang baraktivitas, senang menceritakan semua kegiatannya, berbeda dengan anak introvert, dia lebih senang menyendiri di kamar .atau ruangan tertutup. Maka tidak heran kalau anak inrovert sangat menyukai kamarnya.

Jadi dapat dikatakan bahwa pribadi introved itu dikenal dalam masyarakat luas sebagai pemalu, tidak berani ngomong didepan umum, socially awkward, susah bergaul, punya dunia sendiri, temennya sedikit, Dari garis besar bagi introvert berbicara dengan orang lain adalah hal yang jarang dilakukan dan dari segi kemampuan public speaking pribadi introvert sangat kurang.

Sedangkan berbeda dengan pribadi Ekstrovert, yang mana dikenal sangat menyukai keramaian, suka bersosialisasi, mudah bergaul, public speaking sangat mahir baginya

 

Ternyata perbedaan Introvert dengan Ekstrovert tidak hanya terletak dari social skills nya aja, tapi dari source of energy, dari dimana dia mencharge energy nya kembali yang telah habis.

Bagi seorang Introvert, ia akan mengisi kembali energy nya ketika dia sedang sendirian di kamar, bukan berarti pribadi introvert tidak suka bergaul, tidak suka hangout, ia akan menyukainya apabila diri dia sendiri suka, tapi disaat ia dalam keadaan lelah ia akan pulang kerumah berdiam dikamarnya selama berjam-jam tanpa adanya orang lain dan tidak mengerjakan apapun, hanya butuh waktu untuk sendiri.

Jika dibandingkan dengan seorang ekstrovert ketika ia capek dan ingin mengisi kembali segala tenaga nya, ia akan mencari social lingkaran pertemanan yang ramai, dengan begitu mereka akan merasa bahwa energy mereka utuh kembali tapi bukan berarti bahwa pribadi ekstrovert itu tidak suka diam dirumah sendirinya, ada kalanya disaat waktu yang pas ia akan berdiam dirumah, karena pada dasarnya “setiap orang butuh waktu sendiri”.

Jadi apakah seorang introvert itu merugikan?

Jawabannya tidak sama sekali, banyak contoh nyata diluar sana yang mana sebagai seorang introverrt ia mampu menjadi sukses, salah satunya yaitu Barrack Obama, beliau dikenal dengan speech nya yang jago dan cara ngomongnya yang mampu mempengaruhi banyak orang. Padahal beliau memliki kepribadian introvert, tapi pertanyaan mengapa ia dapat sukses? Karena ia selalu mencoba mengatasi segala kekurangan nya dan tidak menjadinya dirinya yang introvert untuk menjadi alasan bahwa ia tidak bisa mempunyai keahlian menjadi seorang pemimpin, beliau berusaha agar dapat merubah dunia dengan cara merubah diri nya terlebih dahulu.

 

Intinya no matter how introvert you are and no matter how ekstrovert you are, you can always changes.

Untuk kepentingan diri sendiri, dan untuk kesuksesan didepan nanti, kita harus merubah diri kita yang memiliki pribadi introvert, mau sampai kapan jadi pemalu? Mau sampai kapan menghindari oranng terus? Dengan adanya perubahan dalam diri kita, kamu bisa melakukan apa saja dalam hidup, dan kamu bisa mencapai apapun yang kamu mau dalam karirmu.

Untuk memulai perubahan pasti banyak penolakan atau tidak adanya dukungan dari orang sekitar, tapi kita harus selalu belajar cara menghadapi ketakutan tersebut, semua orang punya rasa takut, punya rasa malu, tapi jangan sampai menghalangi kita untuk menjadi sukses apalagi untuk menghalangi menggapai cita- cita di masa depan nanti.

Awali langakah perubahan tersebut dengan mengganti sebuah pernyataan “saya tidak bisa menjadi pemimpin, saya tidak bisa melakuan sesuatu karena saya introvert” menjadi sebuah pertanyaan, “kalo saya tidak bisa menjadi pemimpin, tidak bisa melakukan sesuatu apa yang harus saya lakukan?”

Jadi apa yang harus saya lakukan ??? berubah mulai dari sekarang, jangan jadikan introvert sebagai alasan tidak bisa melakukan sesuatu diluar kemampuan introvert.

 

#VIVAHMJA
#HMJA2018
#BergerakBersama
#BidangPengabdianMasyarakat

Leave a Reply