PSAK 58: ASET TIDAK LANCAR YANG DIKUASAI UNTUK DIJUAL DAN OPERASI YANG DIHENTIKAN.

Tujuan

Tujuan Pernyataan ini adalah mengatur akuntansi untk aset yang dikuasai untuk dijual serta penyajian dan pengungkapan operasi yang dihentikan. Secara khusus, Pernyataan ini mensyaratkan:

(a) aset yang memenuhi kriteria sebagai dikuasai untuk dijual diukur pada nilai yang lebih rendah antara jumlah tercatat dan nilai wajar setelah dikurangi biaya untuk menjual, dan penyusutan atas aset tersebut dihentikan: dan

(b) aset yang memenuhi kriteria sebagai dikuasai untuk dijual disajikan secara terpisah dalam laporan posisi keuangan dan hasil dari operasi yang dihentikan ditampilkan secara terpisah dalam laporan laba rugi dan penghasilan komprehensif lain.

 Ruang Lingkup

Klasifikasi dan penyajian yang diatur dalam Pernyataan ini berlaku untuk semua aset tidak lancar yang diakui dan kelompok lepasan dari entitas. Ketentuan pengukuran dalam Pernyataan ini berlaku untuk semua aset tidak lancar dan kelompok lepasan yang diakui.

Aset yang diklasifikasikan sebagai aset tidak lancar tidak boleh direklasifikasikan menjadi aset lancar sampai aset tersebut memenuhi kriteria untuk diklasifikasikan sebagai aset yang dikuasai untuk dijual sesuai dengan Pernyataan ini. Aset dari suatu kelompok yang biasanya oleh entitas diklasifikasikan sebagai aset tidak lancar yang diperoleh khusu dengan tujuan untuk dijual kembali tidak bleh diklasifikasikan sebagai aset lancar kecuali aset tersebut memenuhi kriteria sebagai aset yang dikuasai untuk dijual.

Terkadang entitas melepaskan sekelompok aset, mungkin dengan beberapa liabilitas yang berkaitan secara langsung, bersama-sama dalam suatu transaksi tunggal. Kelompok lepasan tersebut dapat merupakan suatu kelompok unit penghasil kas, suatu unit penghasil kas tersendiri, atau bagian dari unit penghasil kas. Kelompok tersebut dapat mencakup beberapa aset dan liabilitas entitas, termasuk aset lancar, liabilitas jangka pendek, dan aset yang dikecualikan . Jika suatu aset tidak lancar yang termasuk dalam ruang lingkup ketentuan pengukuran Pernyataan ini adalah bagian dari kelompok lepasan, maka ketentuan pengukuran dalam Pernyataan ini berlaku untuk kelompok tersebut secara keseluruhan, sehingga kelompok tersebut diukur berdasarkan nilai yang lebih rendah antara jumiah tercatat dan nilai wajar setelah dikurangi biaya untuk menjual.

Ketentuan tentang pengukuran dalam Pernyataan ini tidak berlaku untuk aset berikut, vang telah diatur berikut ini, baik sebagai aset tersendiri maupun bagian dari kelompok lepasan:

(a) aset pajak tangguhan.

(b) aset yang timbul dari imbalan kerja.

(c) aset keuangan.

(d) aset tidak lancar yang dicatat sesuai dengan

 model nilai.

(e) aset tidak lancar yang diukur pada nilai wajar dikurangi biaya untuk menjual.

(f) hak kontraktual dan kontrak asuransi.

Persyaratan klasifikasi, penyajian dan pengukuran dalam Pernyataan ini yang diterapkan untuk aset tidak yang diklasifikasikan sebagai dikuasai untuk dijual juga diterapkan terhadap aset tidak lancar yang diklasifikasikan sebagai dikuasai untuk didistribusikan kepada pemilik yang bertindak dalam kapasitas sebagai

Pernyataan ini menetapkan persyaratan pengungkapan aset tidak lancar  yang diklasifikasikan sebagai dikuasai untuk dijual atau operasi yang dihentikan. Pengungkapan dalam SAK lain tidak diterapkan terhadap aset tersebut kecuali SAK tersebut mensyaratkan:

(a) pengungkapan spesifik terhadap aset tidak lancar) yang diklasifikasikan sebagai dikuasai untuk dijual atau operasi yang dihentikan; atau

(b) pengungkapan mengenai pengukuran aset dan liabilitas dalam kelompok lepasan yang berada di luar ruang lingkup persyaratan pengukuran belum diungkapkan dalam catatan lain atas laporan keuangan.

KLASIFIKASI ASET TIDAK LANCAR (ATAU KELOMPOK LEPASAN) SEBAGAI DIKUASAI UNTUK DIJUAL ATAU DIKUASAI UNTUK DIDISTRIBUSIKAN KEPADA PEMILIK

Entitas mengklasifikasikan suatu aset tidak lancar sebagai dikuasai untuk dijual jika jumlah tercatatnya akan dipulihkan terutama melalui transaksi penjualan daripada metalui pemakaian berlanjut.

Dalam hal ini, aset harus berada dalam keadaan segera dapat dijual dengan syarat-syarat yang biasa dan umum diperlukan dalam penjualan aset tersebut dan penjualannya harus sangat mungkin terjadi

Agar penjualan tersebut sangat mungkin terjadi, manajemen di tingkat yang sesuai harus berkomitmen terhadap rencana penjualan aset tersebut dan harus telah memulai suatu program aktif untuk mencari pembeli dan menyelesaikan rencana tersebut. Selain itu, aset tersebut harus dipasarkan secara aktif pada harga yang pantas sesuai dengan nilai wajar kininya. Sebagai tambahan, penjualan ini diperkirakan memenuhi ketentuan pengakuan sebagai penjualan dalam waktu satu tahun dari tanggal klasifikasi.

Entitas yang berkomitmen terhadap rencana penjualan yang mengakibatkan kehilangan pengendalian atas entitas anak mengklasifikasikan seluruh aset dan liabilitas entitas anak tersebut sebagai dikuasai untuk dijual ketika kriteria terpenuhi, terlepas dari apakah setelah penjualan tersebut entitas masih memiliki kepentingan nonpengendali dalam entitas anak terdahulu atau tidak

Peristiwa atau keadaan mungkin dapat memperpanjang periode penyelesaian penjualan menjadi lebih dari satu tahun. Perpanjangan periode yang diperlukan untuk menyelesaikan suatu penjualan tidak menghalangi pengklasifikasian aset sebagai dikuasai untuk dijual jika penundaan tersebut disebabkan oleh peristiwa atau keadaan di luar kendali entitas dan terdapat cukup bukti bahwa entitas tetap berkomitmen dengan rencana penjualan aset.

Transaksi penjualan mencakup pertukaran aset tidak lancar dengan aset tidak lancar lainnya ketika pertukaran tersebut memiliki substansi komersial.

Ketika entitas memperoleh aset tidak lancar secara khusus dengan tujuan untuk kemudian dilepaskan, maka aset tidak lancar tersebut diklasifikasikan sebagai dikuasai untuk dijual pada tanggal perolehan.

Jika kriteria terpenuhi setelah periode pelaporan, maka entitas tidak boleh mengkasifikasikan aset tidak lancar sebagai dikuasai untuk dijual dalam laporan keuangan ketika diterbitkan. Akan tetapi, jika kriteria tersebut terpenuhi setelah periode pelaporan tetapi sebelum tanggal penyelesaian laporan keuangan, maka entitas mengungkapkan informasi yang telah diatur dalam catatan atas laporan keuangan.

Aset tidak lancar diklasifikasikan sebagai dikuasai untuk didistribusikan kepada pemilik ketika entitas berkomitmen untuk mendistribusikan aset kepada pemilik Untuk kasus tersebut, aset harus tersedia untuk segera didistribusikan dan pendistribusian harus sangat mungkin terjadi. Agar pendistribusian menjadi sangat mungkin terjadi, tindakan untuk menyelesaikan pendistribusian harus telah dimulai dan diperkirakan akan diselesaikan dalam satu tahun dari tanggal klafisikasi. Tindakan yang diperlukan untuk menyelesaikan pendistribusian mengindikasikan bahwa tidak mungkin terjadi perubahan signifikan atau pembatalan atas pendistribusian tersebut. Kemugkinan persetujuan pemegang saham dipertimbangkan sebagai bagian dari penilaian apakah pendistribusian tersebut dikategorikan sebagai yang sangat mungkin terjadi.

 Aset Tidak Lancar yang Akan Ditinggalkan

Entitas tidak boleh mengklasifikasikan aset tidak lancar yang akan ditinggalkan sebagai dikuasai untuk dijual, karena jumlah tercatatnya terutama akan dipulihkan melalui pemakaian berlanjut. Akan tetapi, jika kelompok lepasan yang akan ditinggalkan tersebut memenuhi kriteria, maka entitas menyajikan hasil dan arus kas dari kelompok lepasan tersebut sebagai operasi yang dihentikan pada tanggal aset tersebut dihentikan pemakaiannya..

Entitas tidak boleh mencatat aset tidak lancar yang tidak digunakan sementara seakan-akan seperti telah ditinggalkan.

PENGUKURAN ASET TIDAK LANCAR (ATAU KELOMPOK LEPASAN) YANG DIKLASIFIKASIKAN SEBAGAI DIKUASAI UNTUK DIJUAL

 Pengukuran Aset Tidak Lancar (atau Kelompok Lepasan)

Entitas mengukur aset tidak lancar yang diklasifikasikan sebagai dikuasai untuk dijual pada nilai yang lebih rendah antara jumlah tercatat dan nilai wajar setelah dikurangi biaya untuk menjual.

Entitas mengukur aset tidak lancar  yang diklasifikasi sebagai dikuasai untuk didistribusikan kepada pemilik pada nilai yang lebih rendah antara jumlah tercatat dan nilai wajar setelah dikurangi biaya untuk mendistribusikan.

Jika aset tidak lancar) yang baru didapat memenuhi kriteria untuk diklasifikasikan sebagai dikuasai untuk dijual maka penerapan paragraf pengakuan awal diukur pada nilai yang lebih rendah antara jumlah tercatat, seandainya aset tersebut tidak diklasifikasikan sebagai dikuasal untuk dijual dan nilai wajar setelah dikurangi biaya untuk menjual

Ketika penjualan diperkirakan akan terjadi lebih dari satu tahun, maka entitas mengukur biaya untuk menjual pada nilai saat ini Peningkatan nilai saat ini biaya untuk menjual sehubungan dengan berlalunya waktu harus disajikan sebagai biaya keuangan dalam laba rugi.

Sesaat sebelum klasifikasi awal aset tidak lancar  sebagai dikuasai untuk dijual, jumlah tercatat aset diukur sesuai dengan SAK terkait.

Dalam pengukuran kembali selanjutnya atas kelompok lepasan, jumlah tercatat aset dan liabilitas yang tidak termasuk dalam lingkup pengaturan pengukuran Pernyataan ini, tetapi termasuk dalam kelompok lepasan yang diklasifikasikan sebagai dikuasai untuk dijual, diukur kembali sesuai dengan SAK terkait, sebelum nilai wajar dikurangi biaya untuk menjual atas kelompok lepasan tersebut diukur kembali.

Pengakuan Rugi dan Pembalikan Penurunan Nilai

Entitas mengakui rugi penurunan nilai awal atau selanjutnya atas penurunan nilai aset ke nilai wajar dikurangi biaya untuk menjual, sepanjang rugi penurunan nilai tersebut belum diakui.

Entitas mengakui keuntungan atas peningkatan nilai wajar dikurangi blaya untuk menjual suatu aset, tetapi tidak boleh melebihi akumulasi rugi penurunan nilai yang telah diakui.

Entitas mengakui keuntungan atas peningkatan nilai wajar dikurangi biaya untuk menjual dari kelompok lepasan yang terjadi selanjutnya: (a) sepanjang hal tersebut belum diakui (b) tetapi tidak boleh melebihi akumulasi rugi penurunan nilai yang telah diakui.

Rugi penurunan nilai (atau keuntungan yang terjadi selanjutnya) diakui untuk kelompok lepasan mengurangi (atau menambah) jumlah tercatat aset tidak lancar dalam kelompok lepasan.

Keuntungan atau kerugian yang sebelumnya tidak diakui pada tanggal penjualan aset tidak lancar diakui pada tanggal penghentian pengakuan.

Entitas tidak boleh menyusutkan (atau mengamortisasi) aset tidak lancar yang diklasifikasikan sebagai dikuasai untuk dijual atau selama menjadi bagian dari kelompok lepasan yang diklasifikasikan sebagai dikuasai untuk dijual Bunga dan beban lainnya yang dapat diatribusikan pada liabilitas dari kelompok lepasan yang diklasifikasikan sebagai dikuasai untuk dijual tetap diakui.

Perubahan Rencana Penjualan atau Rencana Distribusi kepada Pemilik

Jika entitas telah mengklasifikasikan suatu aset sebagai đikuasai untuk dijual atau dikuasai untuk didistribusikan kepada pemilik, tetapi dikuasai untuk dijual atau dikuasai untuk didistribusikan kepada pemilik tidak lagi terpenuhi, maka entitas menghentikan pengklasifikasian aset (atau kelompok aset lepasan) tersebut sebagai dikuasai untuk dijual atau dikuasai untuk didistribusikan kepada pemilik (secara berurutan).

Jika entitas mereklasifikasi aset secara langsung dari dikuasai untuk dijual menjadi dikuasai untuk didistribusikan kepada pemilik, atan secara langsung dari dikuasai untuk didistribusikan kepada pemilik menjadi dikuasai untuk dijual, maka perubahan pada klasifikasi ini dianggap sebagai kelanjutan dari rencana awal pelepasan.

Entitas mengukur aset tidak lancar) yang dihentikan pengklasifikasiannya sebagai dikuasai untuk dijual atau dikuasai untuk didistribusikan kepada pemilik (atau dihentikan pengklasifikasiannya dalam kelompok lepasan yang dikuasai untuk dijual atau dikuasai untuk didistribusikan kepada pemilik) sebesar jumlah yang lebih rendah antara: (a) jumlah tercatat aset tersebut sebelum aset diklasifikasikan sebagai dikuasai untuk dijual atau dikuasai untuk didistribusikan kepada pemilik, disesuaikan dengan penyusutan, amortisasi, atau penilaian kembali yang telah diakui jika aset tersebut tidak diklasifikasi sebagai dikuasal untuk dijual atau dikuasai untuk didistribusikan kepada pemilik, dan (b) jumlah terpulihkan pada tanggal keputusan untuk tidak menjual atau mendistribusikan.

Entitas memasukkan penyesuaian yang disyaratkan atas jumlah tercatat aset tidak lancar yang dihentikan untuk diklasifikasikan sebagai dikuasai untuk dijual atau dikuasai untuk didistribusikan kepada pemilik dalam laba rugi dari operasi yang dilanjutkan pada periode di mana masing-masing kriteria tidak lagi terpenuhi.

Jika entitas memindahkan suatu aset atau liabilitas secara individual dari kelompok lepasan yang diklasifikasikan sebagai dikuasai untuk dijual, maka sisa aset dan liahilitas dari kelompok lepasan tersebut diteruskan untuk diukur sebagai suatu kelompok lepasan hanya jika kelompok tersebut memenuhi kriteria.

PENYAJIAN DAN PENGUNGKAPAN

Entitas menyajikan dan mengungkapkan informasi yang membuat pengguna laporan keuangan mampu untuk mengevaluasi dampak keuangan dari operasi yang dihentikan dan pelepasan aset tidak lancar.

Penyajian Operasi yang Dihentikan

Komponen suatu entitas terdiri dari operasi dan arus kas yang dapat dibedakan secara jelas, untuk tujuan operasional dan pelaporan keuangan, dari komponen lain dalam entitas. Dengan kata lain, komponen entitas akan terdiri dari unit penghasil kas atau kelompok unit penghasil kas yang dikuasai untuk digunakan.

Operasi yang dihentikan adalah komponen entitas yang telah dilepaskan atau diklasifikasikan sebagai dikuasai untuk dijual, dan (a) mewakili lini usaha atau area geografis operasi utama yang terpisah, (b) bagian dari rencana tunggal terkoordinasi untuk melepaskan lini usaha atau area geografis operasi utama yang terpisah, atau (c) entitas anak yang diakuisisi secara khusus dengan tujuan dijual kembali.

Entitas mengungkapkan:

(a) Suatu jumlah tunggal dalam laporan laba rugi dan penghasilan komprehensif lain yang terdiri dari jumlah: laba atau rugi setelah pajak dari operasi yang dihentikan, dan laba atau rugi setelah pajak yang diakui dalam mengukur nilai wajar setelah dikurangi biaya untuk menjual atau pelepasan aset yang terkait dengan operasi yang dihentikan.

(b) Analisis atas jumlah tunggal dalam huruf  terhadap: pendapatan, beban, dan laba atau rugi sebelum pajak dari operasi yang dihentikan, beban pajak penghasilan yang terkait, laba atau rugi yang diakui dalam pengukuran ke nilai wajar setelah dikurangi biaya untuk menjual atau pelepasan aset yang terkait dengan operasi yang dihentikan, dan beban pajak penghasilan yang terkait. Analisis tersebut dapat disajikan dalam catatan atas laporan keuangan atau laporan laba rugi dan penghasilan komprehensif lain. Jika analisis tersebut disajikan dalam laporan laba rugi dan penghasilan komprehensif lain, maka disajikan dalam bagian yang diidentifikasi sebagai terkait dengan operasi yang dihentikan, yaitu disajikan secara terpisah dari operasi yang dilanjutkan. Analisis ini tidak disyaratkan untuk kelompok lepasan yang merupakan entitas anak yang baru diperoleh yang memenuhi kriteria sebagai dikuasai untuk dijual dalam akuisisi.

(c) Arus kas neto yang dapat diatribusikan pada aktivitas operasi, investasi, dan pendanaan dari operasi yang dihentikan. Pengungkapan ini dapat disajikan dalam catatan atas laporan keuangan atau dalam laporan keuangan.

 (d) Jumlah penghasilan dari operasi yang dilanjutkan dan operasi yang dihentikan yang dapat diatribusikan pada pemilik entitas induk. Pengungkapan ini dapat disajikan dalam catatan atas laporan keuangan atau laporan laba rugi dan penghasilan komprehensif lain.

 Entitas menyajikan kembali pengungkapan yang diatur untuk periode sebelumnya yang disajikan dalam laporan keuangan sehingga pengungkapan tersebut terkait dengan seluruh operasi yang telah dihentikan pada akhir periode pelaporan untuk periode sajian paling akhir.

Penyesuaian dalam periode berjalan atas jumlah yang sebelumnya disajikan dalam operasi yang dihentikan, yang secara langsung terkait dengan pelepasan operasi yang telah dihentikan pada periode sebelumnya, diklasifikasikan secara terpisah dalam operasi yang dihentikan. Sifat dan jumlah penyesuaian tersebut diungkapkan.

Jika entitas berhenti untuk mengklasifikasikan suatu komponen dari entitas sebagai dikuasai untuk dijual, maka hasil operasi komponen tersebut yang sebelumnya disajikan dalam operasi yang dihentikan, diklasifikasikan kembali dan termasuk dalam penghasilan dari operasi yang dilanjutkan untuk semua periode sajian. Jumlah untuk periode sebelumnya dijelaskan bahwa telah dilakukan penyajian kembali.

Laba atau Rugi yang Terkait dengan Operasi yang Dilanjutkan

Setiap keuntungan atau kerugian dalam pengukuran kembali aset tidak  yang diklasifikasikan sebagai dikuasal untuk dijual, yang tidak memenuhi definisi operasi yang dihentikan, dimasukkan dalam laba rugi dari operasi yang dilanjutkan.

Penyajian Aset Tidak Lancar atau Kelompok Lepasan yang Diklasifikasikan sebagai Dikuasai untuk Dijual

Entitas menyajikan aset tidak lancar yang diklasifikasikan sebagai dikuasai untuk dijual dan kelompok lepasan yang diklasifikasikan sebagai dikuasai untuk dijual disajikan secara terpisah dari aset lainnya dalam laporan posisi keuangan. Liabilitas dalam kelompok lepasan yang diklasifikasikan sebagai dikuasai untuk dijual disajikan secara terpisah dari liabilitas lainnya dalam laporan posisi keuangan. Aset dan liabilitas ini tidak boleh saling hapus dan disajikan sebagai suatu jumlah tunggal. Kelompok aset dan liabilitas utama yang diklasifikasikan sebagai dikuasai untuk dijual diungkapkan secara terpisah dalam laporan posisi keuangan atau catatan atas laporan keuangan.  Setiap penghasilan atau beban kumulatif yang diakui secara langsung dalam penghasilan komprehensif lain dan terkait dengan aset tidak lancar dan diklasifikasikan sebagai dikuasai untuk dijual, disajikan secara terpisah.

Jika kelompok lepasan adalah entitas anak yang baru diakuisisi yang memenuhi kriteria untuk diklasifikasikan sebagai dikuasai untuk dijual pada saat akuisisi, maka pengungkapan untuk kelompok aset dan liabilitas utama tidak diperlukan.

Entitas tidak boleh mereklasifikasi atau menyajikan kembali jumlah sajian, untuk aset tidak lancar atau aset dan liabilitas dari kelompok lepasan yang diklasifikasikan sebagai dikuasai untuk dijual dalam laporan posisi keuangan untuk periode sebelumnya, untuk mencerminkan pengklasifikasian dalam laporan posisi keuangan periode terkini.

Pengungkapan Tambahan

Untuk periode di mana aset tidak lancar telah diklasifikasikan sebagai dikuasai untuk dijual atau telah dijual, entitas mengungkapkan informasi berikut ini dalam catatan atas laporan keuangan:

(a) uraian dari aset tidak lancar

(b) uraian fakta dan keadaan dari penjualan, atau yang mengarah kepada pelepasan yang diharapkan, dan cara serta waktu pelepasan yang diharapkan

(c) keuntungan atau kerugian yang diakui  dan, jika tidak disajikan secara terpisah dalam laporan laba rugi dan penghasilan komprehensif lain yang di dalamnya terdapat laba atau rugi tersebut

(d) Jika dapat diterpkan, bagian yang dilaporkan dari aset tidak lancar disajikan sesuai dengan PSAK 5 : Segmen Operasi

KETENTUAN TRANSISI

Pernyataan ini diterapkan secara prospektif setelah tanggal efektif Pernyataan ini, terhadap aset tidak lancar yang memenuhi kriteria untuk diklasifikasikan sebagai dikuasai untuk dijual dan operasi yang memenuhi kriteria untuk diklasifikasikan sebagai operasi yang dihentikan. Entitas dapat menerapkan persyaratan Pernyataan ini terhadap seluruh aset tidak lancar yang memenuhi kriteria untuk diklasifikasikan sebagai dikuasal untuk dijual dan operasi yang memenuhi kriteria klasifikasi operasi yang dihentikan pada tanggal kapanpun sebelum tanggal efektif Pernyataan ini, dengan syarat tersedianya penilaian dan informasi lain yang dibutuhkan untuk menerapkan Pernyataan ini pada saat kriteria tersebut terpenuhi.

Sumber : Standar Akuntansi Keuangan (SAK), efektif per 1 Januari 2018, Ikatan Akuntan Indonesia (IAI).

Leave a Reply