Replacement Cost (Accountingpedia)

Pengertian

Replacement cost atau biaya penggantian kembali adalah jumlah yang harus dibayar entitas untuk mengganti aset pada saat ini, sesuai dengan nilainya saat ini. Biaya penggantian dapat berfluktuasi, tergantung pada faktor-faktor seperti nilai pasar komponen yang digunakan untuk merekonstruksi atau membeli kembali aset dan biaya yang terkait dengan penyiapan aset untuk digunakan. Perusahaan asuransi secara rutin menggunakan biaya penggantian untuk menentukan nilai barang yang diasuransikan. Biaya penggantian juga digunakan secara ritual oleh akuntan, yang mengandalkan penyusutan untuk membebankan biaya aset selama masa manfaatnya. Praktik menghitung biaya penggantian dikenal sebagai “penilaian penggantian”.

Metode Replacement Cost Untuk Menilai Aset Sumber Daya Manusia

Rensis Likert & Eric G. Flamholtz mengemukakan, metode replacement cost merupakan ukuran biaya untuk mengganti sumber daya manusia yang telah ada pada suatu perusahan. Sumber daya manusia dinilai dengan asumsi bahwa organisasi yang baru dibentuk harus dibuat dari awal dan biaya untuk perusahaan dihitung jika sumber daya yang ada perlu diganti dengan orang lain, dengan bakat dan pengalaman yang setara. Metode ini memperhitungkan semua biaya yang diperlukan ketika merekrut, mempekerjakan, dan pelatihan. Replacement cost memperhitungkan biaya abstrak yang mungkin diperlukan untuk mendapatkan karyawan baru untuk menggantikan yang sekarang.

Salah satu masalah operasional dalam penggunaan metode replacement cost adalah penggantian yang benar terhadap sumber daya manusia tidak dapat ditentukan dengan mudah meskipun penilaian biaya telah dilakukan. Pendekatan ini lebih realistis karena menjumlahkan nilai saat ini dari aset sumber daya manusia yang terdapat di perusahaan dalam laporan keuangan yang disusun pada akhir tahun. Keterbatasan lain dari metode ini adalah terdapat kemungkinan tidak adanya pengganti yang sama untuk aset yang sudah ada dan nilai penggantian dipengaruhi oleh pertimbangan subjektif, sehingga kemungkinannya nilai akan berbeda satu sama lain.

Metode Replacement Cost Untuk Menilai Aset Properti

Dalam memperkirakan biaya baru dari properti, penilai umunya menggunakan metode biaya penggantian, yaitu biaya untuk menciptakan sebuah bangunan atau perbaikan yang memiliki nilai utilitas setara, berdasarkan harga dan standar desain saat ini (Ifediora, 1993; Olusegun, 2008). Namun, pada praktiknya, hal ini tidaklah mudah karena penilai perlu mencari sumber informasi biaya yang relevan dari kementerian atau departemen perumahan. Hal ini dapat diatasi dengan pengalaman valuer terhadap informasi biaya yang relevan atau melalui referensi untuk perbandingan.

Depreciation Replacement Cost (Depresiasi Biaya Penggantian)

Penyesuaian terhadap replacement cost dibuat untuk mencerminkan kerugian akibat kerusakan fisik atau kerusakan fungsional pada aset, sehingga menghasilkan “new replacement cost” atau depresiasi biaya penggantian. Penyusutan fisik merepresentasikan hilangnya sebagian nilai karena berkurangnya kegunaan aset tetap. Hal ini dapat disebabkan oleh faktor-faktor seperti: keausan dan sobekan, kemerosotan, atau paparan berbagai unsur.

Sumber :

My Accounting Course. What Is A Replacement Cost?. Retrieved from https://www.myaccountingcourse.com/:

https://www.myaccountingcourse.com/accounting-dictionary/replacement-cost

Onyejiaka. Chukwudi, J. Oladejo et all. 2015. Challenges Of Using The Cost Method Of Valuation In Valuation Practice: A Case Study Of Selected Residential And Commercial Properties In Awka And Onitsha, Anambra State, Nigeria. International Journal of Civil Engineering, Construction and Estate Management.  3(2):17

Safrizal, H. 2011. Penilaian Aset Sumber Daya Manusia. Media Trend. 6(1):17

Twin, A. (2021). Replacement Cost?. Retrieved from https://www.investopedia.com/:

https://www.investopedia.com/terms/r/replacementcost.asp

Leave a Reply