Stand – Alone Selling Prices (Accountingpedia)

Pengertian

Stand-alone selling prices atau harga jual berdiri sendirimerupakan harga dimana entitas akan menjual barang atau jasa secara terpisah kepada pelanggan. Jika barang atau jasa tidak terjual terpisah, maka entitas pelaporan mengestimasi “stand-alone selling prices” dengan mempertimbangkan kondisi pasar, faktor spesifik entitas, dan informasi tentang pelanggan atau kelas pelanggan dan memaksimalkan penggunaan input yang dapat di observasi. Pada tanggal 28 Mei 2014, FASB dan International Accounting Standards Board (IASB) mengeluarkan standar pengakuan pendapatan baru terkait kontrak dengan pelanggan. Standar pengakuan pendapatan yang baru akan merubah proses pengakuan pendapatan dalam perusahaan yang membuat kontrak dengan pelanggan untuk memindahkan barang atau jasa atau kontrak untuk perpindahan aset non keuangan, kecuali untuk kontrak yang sudah terdapat standarnya (contoh: kontrak asuransi atau kontrak leasing). Sehingga, perusahaan harus mulai mempersiapkan diri untuk mengikuti standar baru yang akan mempengaruhi berbagai jenis industri ini.

Perusahaan harus melewati 5 tahap untuk dapat menerapkan standar yang baru :

1. Mengidentifikasi kontrak dengan pelanggan.

2. Mengidentifikasi kewajiban kinerja (perjanjian) dalam kontrak.

3. Menentukan harga transaksi.

4. Mengalokasikan harga transaksi pada kewajiban kinerja dalam kontrak.

5. Mengakui pendapatan ketika (atau pada saat) organisasi yang melakukan pelaporan telah memuaskan kewajiban kinerja.

Penerapan Dalam PSAK 72: Pendapatan Dari Kontrak Dengan Pelanggan

Entitas mencatat modifikasi kontrak sebagai kontrak terpisah jika terdapat kondisi berikut :• Harga kontrak meningkat oleh sejumlah imbalan yang mencerminkan harga jual berdiri sendiri (stand-alone selling prices) entitas atas penambahan barang atau jasa yang dijanjikan dan penyesuaian yang tepat terhadap harga yang mencerminkan keadaan kontrak tertentu.

Berbagai Faktor Kontribusi Stand-alone Selling PricesTerhadap Tantangan Dalam Perusahaan Teknologi :

1. Harga yang sangat bervariasi atau tidak pasti.

2. Kurangnya penjualan mandiri untuk satu atau lebih barang atau jasa.

3. Penetapan harga saling ketergantungan sedemikian rupa sehingga harga jual satu barang atau jasa digunakan untuk menentukan harga jual barang atau jasa lain dalam kontrak yang sama.

Memperkirakan harga jual berdiri sendiri dari kewajiban kinerja merupakan salah satu area peningkatan kompleksitas dan tantangan bagi perusahaan perangkat lunak, terutama untuk lisensi berbasis jangka waktu dan dukungan pelanggan pasca kontrak. Ini karena, dalam beberapa kasus, penetapan harga yang dapat diamati dari penjualan mandiri atau harga yang dinyatakan dalam kontrak mungkin tidak ada untuk satu atau lebih kewajiban pelaksanaan. Dalam banyak kasus seperti itu, data observasi yang tersedia secara wajar selain penjualan mandiri atau harga yang dinyatakan dalam kontrak mungkin tetap ada.

Contoh Kasus Stand-alone Selling Prices :

PT Siantar memiliki kontrak menjual 100 produk kepada pelanggan seharga 100 juta (1 produk bernilai 1 juta) dalam jangka waktu 3 bulan. Setelah 60 produk dikirimkan, PT Siantar memodifikasi kontrak dengan menjanjikan akan mengirimkan 20 produk tambahan dengan nilai 950 ribu (dimana harga 950 ribu merupakan standalone selling price atas produk saat modifikasi kontrak). PT Siantar menjual produk secara terpisah.

PT Siantar  mengakui modifikasi kontrak sebagai kontrak baru, maka :

Kontrak awal [(100 unit – 60 unit) x 1 juta  = 40 juta.

Kontrak Baru (20 unit x 950 ribu) = 19 juta.

Total Pendapatan = 59 juta.

Bottom of Form

Sumber :

KAP Tanudiredja, Wibisana, Rintis & Rekan. PSAK 72 – Revenue from Contracts with Customers. (2019). Retrieved from www.pwc.com:

Standar Akuntansi Keuangan (SAK), efektif per 1 Januari 2020, PSAK 72: Pendapatan Dari Kontrak Dengan Pelanggan. Ikatan Akuntan Indonesia (IAI).

The Creative Studio at Deloitte. (2021). Establishing standalone selling price for tech companies. Retrieved from www2.deloitte.com:

https://www2.deloitte.com/us/en/pages/audit/articles/standalone-selling-price-in-tech-media-telecom-software.html

Leave a Reply